Balita BGM (Bawah Garis Merah)

Administrator 08 Agustus 2018 15:54:53 WIB

Pandean Dongko, GSC (Generasi Sehat Cerdas) atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Balita Bawah Garis Merah (BGM) adalah program pemerintah pada masalah kesehatan balita yang lebih prioritas pada balita yang mempunyai timbangan berada dibawah garis merah pada buku KMS (Kartu menuju Sehat).

Ibu yang mempunyai anak balita dan pernah menimbang berat badan anaknya di posyandu biasanya hasil timbangannya dicantumkan pada Kartu Menuju Sehat (KMS), berat badan yang dicantumkan di KMS akan terlihat sesuai dengan pita warna yang ada, sebagian berat badan ada yang berada pada pita warbna hijau dan kuning bahkan ada yang sebagian berada pada pita warna merah atau tepatnya dibawah garis merah.

Berat badan yang berada pada pita warna hijau selalu di persepsikan dengan gizi baik, untuk warna kuning merupakan warning (peringatan) kepada para ibu untuk lebih berhati-hati jangan sampai masuk pada berat badan dibawah garis merah atau biasa disebut dengan BGM, yang merupakan warning untuk mengkonfirmasi dan menentukan penanganan lanjutan.

Di desa Pandean Sendiri terdapat 7 anak yang mengikuti program BGM, Bpk. Imam Muntoyib selaku ketua pemberdayaan di bantu Ibu Ambarwati serta para Kader Posyandu Desa Pandean. Kegiatan dilaksanakan ditiap Dusun dengan datang langsung ke rumah-rumah juga sesekali dilaksanakan di Balai Desa Pandean sekaligus untuk sosialisasi kepada para ibu bagaimana pola makan anak dan asupan gizi mereka. Pemberian bantuan untuk BGM dalam bentuk susu dan menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang tentunya menu berganti setiap harinya.

Dengan adanya program Balita BGM tersebut diharapkan kedepannya semakin menekan jumlah Balita BGM atau dengan kata lain menurunkan angka Balita BGM  sampai dititik nol. (Rars)

Komentar atas Balita BGM (Bawah Garis Merah)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pandean

tampilkan dalam peta lebih besar