POSBINDU (Pos pembinaan Terpadu) LANSIA

Administrator 08 Agustus 2018 15:42:34 WIB

Pandean Dongko, Posbindu lansia adalah pos pembinaan terpadu untuk masyarakat usia lanjut 60 tahun keatas sedangkan untuk posbindu sendiri meliputi msyarakat usia 15 tahun keatas disuatu wilayah tertentu yang sudah disepakati , yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posbindu merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan lansia yang penyelenggarannya melalui program  Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Jadi, Posbindu merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakatkhusunya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Beberapa kegiatan Posbindu lansia di Desa Pandean adalah :

  • Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran berat badan dan dicatat pada grafik indeks masa tubuh (IMT).
  • Pengukuran tekanan darah
  • Pemeriksaan kadar gula
  • Pemeriksaan adanya zat putih telur (deteksi awal adanya penyakit ginjal)
  • Pemberian obat
  • Penyuluhan kesehatan
  • Kegiatan olahraga dan Senam lansia
  • Latihan karawitan di Balai Desa Pandean
  • Kotek’an lesung
  • Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Posbindu lansia Desa Pandean yang dipimpin oleh Ibu Supiah yang mulai berjalan di tahun 1996 terdiri dari kurang lebih 150 lansia aktif, sedangkan untuk posbindu mulai aktif tahun 2014 sekitar 300 anggota.  Kalau dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk Desa Pandean jumlah posbindu Lansia mungkin bisa lebih banyak. Beberapa faktor yang mungkin menjadi kendala di Posbindu Lansia adalah umumnya lansia tidak mengetahui keberadaan dan manfaat dari Posbindu lansia itu sendiri, Jarak rumah dengan lokasi Posbindu, kurangnya sosialisasi  dan banyak faktor lainnya.

Untuk jadwal kegiatan Posbindu Lansia di Desa Pandean setiap hari Selasa Pon (10 – 12 pertemuan setiap tahun), senam Posbindu Lansia setiap hari Selasa dan Sabtu, latihan karawitan Lansia setiap hari Senin dan Kamis setiap minggunya. Harapannya, program Posbindu Lansia yang telah menjadi kegiatan rutin di Desa Pandean dapat menjadi wadah bagi lansia sehingga lansia tidak hanya menjadi beban dan ketergantungan mereka terhadap keluarga dan bisa melaksanakan aktifitas sehari-hari mereka dengan baik, khususnya untuk remaja usia 15 tahun keatas untuk lebih memahami pentingnya masalah kesehatan. (Rars)

Komentar atas POSBINDU (Pos pembinaan Terpadu) LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pandean

tampilkan dalam peta lebih besar