Inovasi UKM “SELIKUR DINO”

Administrator 15 Mei 2018 07:45:22 WIB

 

Pandean Dongko, Senin 14 Mei 2018 bertempat dibalai Desa pandean diselenggarakan acara Launching Inovasi  UKM “selikur Dino”, yang dalam arti bukan Usaha Kecil Menengah melainkan Usaha Kesehatan Masyarakat sewilayah kerja Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko.

Kegiatan yang sudah dipersiapkan pada malam sebelumnya oleh teman-teman dari puskesmas dan juga teman-teman perangkat Desa Pandean yang rencananya dihadiri oleh para tamu undangan, perwakilan dari Desa sewilayah kerja Puskesmas Pandean, Camat Dongko Ir. Mulyono, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek.

Launching UKM “ selikur Dino” dibuka dan diresmikan oleh Camat Dongko, dalam sambutanya beliau mengucapkan selamat kepada Puskesmas Pandean yang telah menemukan Inovasi 21 hari dimana inovasi tersebut sangat luar biasa dimana masalah kesehatan adalah sangat penting untuk diperhatikan terlebih menginjak dilaksanakannya puasa ramadhan. Tidak lupa Camat Dongko juga memberikan himbauan untuk lebih memperhatikan keamanan rumah saat akan ditinggal melaksakan ibadah sholat tarawih.

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek memberikan sambutan yang pada intinya bagaimana mengupayakan kesehatan jangan sampai kita merasa peduli setelah ada kejadian. “untuk para Kader mohon partisipasi untuk turut serta mensukseskan Inovasi UKM ‘ Selikur Dino” tersebut, beliau menambahkan.

Secara keseluruhan acara berlangsung sangat meriah dengan penampilan seni karawitan dari anak-anak SD 2 Satu Atap Dongko, jinggle UKM “Srlikur Dino” dari teman-teman puskesmas Pandean, Kotek’an lesung oleh para Lansia, Drama PHBS dari anak-anak SDN 1 pandean, senam GERMAS oleh teman-teman dari Puskesmas Pandean.

Secara garis besar Inovasi UKM “ Selikur Dino” adalah :

  1. Seni Karawitan Kesehatan pancen Oke (setan kepo) dikembangkan ke sekolah lain untuk meningkatkan PHBS sekolah
  2. Lelipur pada Posyandu Lansia untuk meningkatkan kunjungan lansia
  3. Kurang Prevalensi Lansia
  4. Didik anak pra sekolah dan sekolah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
  5. Nomor satukan GERMAS sebagai gaya hidup.

Harapan kedepan semoga dengan adanya UKM “Selikur Dino” masyarakat lebih peduli dan lebih memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan bukan hanya untuk para Lansia dan anak-anak usia sekolah tetapi lebih kepada semua masyarakat khususnya masyarakat sewilayah kerja Puskesmas Pandean. (Rars)

Komentar atas Inovasi UKM “SELIKUR DINO”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pandean

tampilkan dalam peta lebih besar